Penjelasan Fungsi Dan Perbedaan HTTP Dengan HTTPS

Mungkin Anda sering membaca atau mendengar jika menggunakan HTTPS adalah salah satu penentu rangking website. Selain dari sisi SEO, sebenarnya ada keuntungan lain jika Anda menggunakan HTTPS pada website.

Salah satu cara untuk mengetahui perbedaan website yang menggunakan protokol HTTP dan HTTPS adalah dengan memperhatikan address bar pada browser yang kalian gunakan.

Cobalah akses halaman milenialhealth.com Setelah itu coba lagi pada tab baru akses rumahgames.com. Adakah hal yang berbeda dari kedua website tersebut ? Jika fokus kalian adalah address bar browser, maka kalian akan menemukan bahwa ketika mengakses milenialhealth.com protokol yang digunakan adalah HTTPS, sedangkan rumahgames.com menggunakan protokol HTTP. Lantas apa perbedaan HTTP dan HTTPS ?

Apa itu HTTP dan HTTPS ?

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web. Dalam komunikasi ini, komputer client melakukan permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang ingin di akses. Sedangkan server mengolah permintaan tersebut berdasarkan kode protokol yang di inputkan.

Sedangkan, Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp. memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa.

HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’.

 

Apa Keuntungan Menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP?

Selain perbedaan HTTP dan HTTP yang telah dijabarkan di atas, perbedaan utamanya terdapat pada keuntungannya. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapat ketika menggunakan HTTPS untuk website, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Keamanan data yang dikirimkan

HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:

  • Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
  • Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.
  • Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).

2. Untuk Kebutuhan SEO

Seperti yang telah diumumkan oleh Google pada tahun 2014 jika HTTPS menjadi salah satu faktor penentu rangking sebuah website. Meskipun demikian, rangking website Anda tidak akan berubah secara signifikan jika mengubah ke HTTPS.

Tapi hal tersebut adalah untuk efek jangka panjang mengenai user experience dan membangun kepercayaan pelanggan kedepannya.

Sehingga untuk berpindah dari HTTP ke HTTPS adalah hal yang perlu dilakukan.

 

 

Semoga bermanfaat,
Terimakasih.