Inilah Hubungan Freemason Dengan Illuminati

IBanyak menyangka gerakan Freemasonry dan Illuminati adalah sama, perlu diketahui bahwa Freemasonry berdiri satu abad lebih dahulu dari Illuminati masyarakat. Illuminati dan Freemason didirikan berabad-abad lalu dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Dalam beberapa hal mereka sangat mirip, tetapi ada juga perbedaan yang jelas antara kedua kelompok.

 

 

Illuminati lahir dalam rangka untuk menciptakan sebuah Tatanan Dunia Baru , sedangkan tujuan dari Freemason adalah menciptakan suatu masyarakat di mana kesopanan dan kehormatan di utamakan. Keduanya terdiri dari orang yang sangat cerdas, namun karena sifat rahasia dari keduanya, sangat sedikit orang yang tahu siapa saja yang menjadi bagian dari anggotanya. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa baik Freemason dan Illuminati turut berperan dalam ilmu pengetahuan dan politik selama berabad-abad. Persaudaraan Freemasonry lebih tua dari Illuminati yang telah terbentuk pada abad 17. Masing-masing kelompok adalah independen dari yang lain dan mengadakan pertemuan mereka di lokasi yang mereka sebut Lodges Grand.

Freemasonry adalah sebuah organisasi persaudaraan yang asal-usulnya tidak jelas antara akhir abad ke-16 hingga awal abad ke-17. Freemasonry kini ada dalam beragam bentuk di seluruh dunia dengan jumlah anggota diperkirakan sekitar 6 juta orang, termasuk 150000 orang di bawah yurisdiksi Loji Besar Skotlandia dan Loji Besar Irlandia, lebih dari seperempat juga orang di bawah yurisdiksi Loji Besar Bersatu Inggris dan kurang dari dua juta orang di Amerika Serikat. Organisasi Freemasonry tidak mempunyai pusat dan setiap negara mempunyai organisasi yang berdiri sendiri.

Sekalipun demikian setiap organisasi Freemasonry di mana pun akan mempunyai nomor pendirian dan berhubungan satu dengan lainnya. Freemasonry juga mempunyai Master tertinggi yang merupakan master tertinggi dari seluruh Master Freemasonry yang bertugas melakukan koordinasi seluruh Freemasonry yang ada di dunia. Hingga kini Freemasonry tetap menjaga tradisi ritual, yang merupakan simbol bahwa setiap anggota adalah pekerja bangunan (ma├žon) yang dapat disimbolkan sebagai batu bata yang harus disusun menjadi sebuah bangunan kuil. Bagunan kuil Freemasonry merupakan simbol dari sebuah masyarakat yang besar.

Freemasonry adalah organisasi yang tertutup dan memegang rahasia apa yang tengah dibicarakan di dalamnya. Berbagai upacara ritual yang dilaksanakan hanya boleh dilihat oleh anggota komunitas Freemason. Perilaku atau peraturan seperti ini sudah berlangsung beratusan tahun. Freemasonry banyak mengadopsi istilah Illuminati sebagai upaya melakukan pencerahan kepada anggotanya dan masyarakat sekitarnya. Hanya istilahnya saja, ilmmunati artinya penceharan atau enlightenment. Namun dalam Freemasonry sendiri dalam menggunakan istilah itu bukanlah merujuk pada kepercayaan terhadap hal-hal supranatural, karena pada dasarnya freemasonry mengedepankan rasionalitas dan sekulersima. Dengan kata lain, dalam melakukan pencerahan yang menjunjung humanisme atau hubungan antar manusia perlu diutamakan rasionalitas dan etika serta moral yang tinggi.

Pencerahan (Illuminati) ini disebut humanisme sekuler. Illuminati sendiri berasal dari bahasa latin dan kemudian digunakan dalam bahasa Perancis. Sejalan dengan perkembangan filsafat akal manusia (hal-hal yang dipelajari oleh para Mason) di jaman Yunani kuno orang mulai mempunyai pemahaman tentang makna kehidupan dengan menghubungkan pada hal-hal yang supranatural. Di jaman itu orang mengenal dewa-dewa yang mempunyai kekuatan dan mengatur alam raya.

Pemahaman ini kemudian dilanjutkan dengan pemahaman akan adanya Tuhan (omnipoten) sebagai penguasa tunggal alam raya. Pencerahan seperti ini saat itu disebut Illuminati. Gerakan ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas) dengan nama Ordo Illuminati, dengan anggota awalnya sebanyak lima orang, dan dipelopori oleh Adam Weishaupt (1830).Dia adalah profesor hukum kanon di Universitas Ingolstadt yang dikelola tarekat Yesuit, sebagai satu-satunya profesor dari kalangan non klerikal (bukan kaum religius).Kelompok ini terdiri dari para pemikir bebas sebagai perwujudan Pencerahan dan tampaknya mencontoh Freemason.

 

 

Nama Illuminati menjadi banyak digunakan untuk menunjukkan organisasi persekongkolan yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru. Dan pada jaman sekarang ini ketertarikan terhadap Illuminati semakin meningkat semenjak di munculnya novel-novel terkenal seperti Illuminatus! Trilogy oleh Robert Shea dan Robert Anton Wilson; juga Foucault’s Pendulum karya Umberto Eco; serta Angels and Demons buatan Dan Brown.

Kedua organisasi besar ini sangat tinggi kerahasiaannya hingga sampai sekarang ini hanya sedikit orang yang mengetahui tentang kebenarannya hingga para anggotanya pun sangat di rahasiakan apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka inginkan kedepannya semua menjadi teka-teki hingga saat ini.

 

 

 

Semoga bermanfaat,
Terimakasih.